Jumat, 16 September 2011

Pra- KKN

KKN.. Hemm.. Mendengar kata itu, satu hal yang terpikirkan oleh ku adalah acara di salah satu televisi swasta Indonesia yaitu "Jika Aku Menjadi ...". Jauh-jauh hari aku mencari tahu tentang bagaimana kegiatan KKN itu ke beberapa senior kakak tingkat. Aku mencari tahu tentang biaya, bagaimana nantinya disana, kegiatan apa saja yang mungkin di adakan yang tentunya sesuai dengan bidang keahlian ku, Teknik Informatika. Dan hasil yang diperoleh adalah :

  1. Biaya untuk makan sehari-hari relatif tergantung tempat KKN kita. Ada yang Rp 15.000,-/hari, ada yang Rp 20.000,-/hari atau ada yang parahnya Rp 25.000,-/hari. Padahal KKN itu akan berlangsung selama 35 hari. Waaawww, bayangin aja kalo daoet yang Rp 15.000/hari aja dalam 35 hari kita akan membutuhkan Rp 525.000,-
  2. Biaya untuk sewa rumah itu juga relatif. Kalau kita bisa tinggal di rumah Kades atau pengurus desa yang tidak memunggut biaya, yaa tidak perlu bayar. Kita tinggal bayar uang untuk air, listrik dan kenang-kenangan saja. Tapi katanya ada juga yang harus kontrak rumah, karena Kades ataupun pengurus desa tidak menyediakan tempat untuk kita tinggali selama KKN. 
  3. Untuk kegiatan, paling tidak kita menyiapkan uang sebesar Rp 100.000. Tidak perlu banyak-banyak, karena nantinya uang yang kita bayarkan untuk pendaftaran KKN akan dikembalikan sebagian.
  4. Kegiatan yang bisa dilaksanakan di tempat KKN yang sesuai dengan bidang Teknik Informatika antara lain kursus/pelatihan komputer, peningkatan (baca : mbenerin) komputer di balai desa, membuat blog/website desa dan lain sebagainya.
Dan oke, saya rasa cukup untuk hasil wawancara ke beberapa senior kakak tingkat. Setelah itu, mulailah beberapa kali pembekalan KKN yang diadakan oleh panitia. Pembekalan pertama, semua peserta dikumpulkan di Gedung Prof. Sudarto. Wah, benar-benar tidak menyangka, ternyata antusiasnya sanggat tinggi. (Lebay deh, emang segitu kalee pesertanya)
Kebetulan kursi di lantai dua sebelah Harlina (sebut saja Lina Light, atau guru) kosong. Oh waw, ditengah kembludag-an peserta aku bisa dapet tempat duduk. Amazing banget. (Plis jangan lebay =,=) Di dekat ku selain ada Lina ada juga Nikmah (sebut saja Mamah) dan Dewi. Mereka bertiga adalah teman seperjuangan ku di dunia perkuliahan dan per-KKN an ini. 

Balik ke cerita pembekalan..
Pembekalan pertama sungguh lama, cukup membuat rasa kantuk menghantui kita. Jadi saran dari aku, bawalah amunisi secukupnya (baca : makanan ringan, minuman, hetset dan playlist lagu).

Pembekalan kedua dan ketiga..
Pembekalan kedua dan ketiga ini, aku udah tahu akan ditempatkan dimana nantinya. Yap, tempat KKN aku adalah.....
"Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah"
Yap, tempat yang cukup dingin utnuk ukuran aku yang seorang anak pantai. Pikir ku, "Alhamdulillah kebagian tempat yang adem, kan tar KKN-nya pas bulan puasa" =D
Dan saat inilah saat yang paling menegangkan, karena kita akan dibagi kedalam kelompok yang lebih kecil. Dan dengan merekalah kita akan menjalani hari-hari bersama dalam cerita KKN. Yap, ternyata ada 14 orang di setiap kelompoknya. Ternyata hanya di Kecamatan Kandangan inilah jumlah anggota perkelompok terbanyak. Di Kecamatan lainnya rata-rata hanya 9 orang dalam satu kelompok. Dan disini 14 orang !!!
Ihh waw banget.

Ujian pembekalan KKN
Yap, sebagai penutup serangkaian acara pembekalan KKN ada sebuah ujian tertulis yang akan diikuti oleh semua peserta KKN. Kata Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di Kecamatan ku, nilai dari ujian ini bernilai 20%.
Dalam hati ku, "Waduh.. aku ga sinau jeee". Yaudah deh, ujian berbekal ingatan semalam yang cuma mbolak-mbalik buku panduan KKN dan ingatan materi KKN yang sudah diberikan selama pembekalan.
Jadi, sebaiknya bacalah buku panduan KKN yang diberikan. Yaa, kalau males baca aja. Dengan berbekal membaca saja, niscaya Anda dapat mengerjakan ujian tersebut. (hahaha)

Sekian cerita tentang Pra-KKN berikut dengan Tips nya. Semoga bermanfaat bagi kita. Maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati. (kata-katanya tu lhoh =,=")

2 komentar:

  1. Selamat yang sudah menyelesaikan KKN *blog walking*

    BalasHapus
  2. wah, mas fredie baca blog kuuu.. *terkaget-laget*
    aku jadi malu, hahha..
    banyak yang pengen diceritain, mas..
    banyak pengalaman dan saran yang pengen dibagi tentunya =D

    BalasHapus